Sabtu, 18 September 2010

PENDAHULUAN

Bobot Permainan
Memang lain dari pada yang lain…, HARVEST MOON: A WONDERFUL LIFE merupakan gam RPG yang dibuat untuk menguji kemampuan seseorang dalam mengurus dan menangani berbagai hal. Termasuk kemampuan untuk mengatur dan mengurus pekerjaan rutin sampai dengan kemampuan untuk bersosialisasi. Satu hal yang paling menonjol dalam game ini adalah sifat mendidiknya, game ini dimainkan tanpa kekerasan tetapi sebaliknya mendidik seseorang untuk lebih disiplin terhadap tugas – tugasnya. Bila kamu lalai tentu saja ada akibat negatifnya.

Dalam game ini tidak diperkenankan untuk menyakiti atau melukai hewan – hewan yang ada apalagi terhadap sesama manusia. Game ini tidak pernah menampilkan suatu adegan kekerasan seperti perkelahian, pembunuhan ataupun tembak – menembak. Tidak pernah memunculkan sesuatu yang menyeramkan seperti penjahat, monster atau makhluk – makhluk lain yang menyeramkan. Tetapi sebaliknya, game ini menuntut kamu untuk menyayangi binatang dan bergaul untuk membina hubungan yang baik dengan orang lain.

Mungkin bagi sebagian orang pada awalnya game ini teraas membosankan, tetapi setelah mencobanya beberapa saat ia akan berubah pikiran dan memutuskan untuk terus memainkannya. Pemain diberi kesempatan seluas – luasnya untuk meraih sukses seperti halnya dalam kehidupan nyata. Namun dalam hal ini profesimu dibatasi sebagai petani, sehingga rutinitas sehari – harinya tidak lepas dari bercocok tanam dan memelihara ternak. Lebih jauh lagi kamu dituntut untuk dapat bersosialisasi dengan semua penduduk yang ada di Forgotten Falley yaitu perkampungan tempat kamu tinggal.

Sesuatu Yang Baru
Natsume…, pembuat dan pengembang game Harvest Moon telah berhasil mengeluarkan seri terbarunya HARVEST MOON: A WONDERFUL LIFE. Kali ini Harvest Moon banyak mengalami perombakan dan tentunya akan banyak dijumpai hal – hal baru yang ditampilkan sebelumnya.

Berikut ini adalah hal – hal yang baru yang terdapat pada HARVEST MOON: A WONDERFUL LIFE

  • Karakter, tentu saja banyak bermunculan karakter – karakter baru yang belum pernah dijumpai pada seri sebelumnya. Tidak semua karakter muncul di awal permainan, tetapi mereka dapat saja muncul pada tahun berikutnya dan menjadi tetangga barumu, atau karena suatu sebab karakter dapat berpindah rumah. Selain itu semua karakter akan tumbuh dan bertambah tua, anakmu akan tumbuh menjadi lebih dewasa dan rambutmu akan bertambah putih.
  • Hewan ternak, sepasang bebek liar akan datang ke perkebunanmu, kamu dapat memelihara dan membuatnya berkembang biak. Hewan lainnya adalah kambing yang dapat kamu beli dari seorang pedagang keliling.
  • Hewan peliharaan, seekor kucing akan kamu peroleh dari seorang tetanggamu yang baik hati.
  • Situs penggalian, kamu dapat melakukan penggalian untuk memperoleh berbagai macam barang – barang peninggalan jaman dahulu mulai dari patung sampai kristal yang berharga.
  • Memancing, bukan sekedar hobby tetapi dapat digunakan sebagai sarana untuk mendapatkan uang tambahan. Sangat menyenangkan dapat memancing di sepanjang aliran sungai, danau, rawa, dan bahkan di bawah air terjun. Jenis ikan yang diperoleh lebih bervariasi dan memiliki ukuran yang berbeda – beda.
  • Permainan, kamu dapat sedikit bersenang – senang dengan memainkan beberapa macam game, mulai dari bermain puzzle, balap minum susu dan menggosok batu nisan.
  • Mengolah benih tanaman, dengan bantuan alat pembuat benih (seed maker) kamu dapat membuat benih dari buah – buahan, sayur – sayuran dan umbi – umbian yang kamu miliki. Dengan bantuan Tartan kamu dapat melakukan penyilangan dengan menggunakan 2 macam benih yang berbeda untuk menghasilkan benih baru yang berkualitas.
  • Mesin pembuat pupuk, pupuk diperlukan tanaman agar tumbuh lebih baik dan dapat cepat dipanen.
  • Mesin pemerah susu, dorong saja sapimu ke dalam ruang pemerah susu, selanjutnya kamu tinggal mengambil susu hasil perahannya.
  • Mesin pembuat keju dan mentega, susu sapid an kambing dapat diolah menjadi keju dan mentega, kualitas yang dihasilkan tergantung dari kualitas susu yang digunakan saat membuatnya.
  • Tanaman buah, beberapa pohon buah – buahan dapat kamu tanam, pohon tidak menyita banyak waktu untuk merawatnya, cukup dipupuk sekali lalu siram tanahnya bila sudah kering, pohon akan berbuah pada musimnya. Bila sudah tumbuh esar, goyangkan batangnya dan buahnya akan berjatuhan.

Cerita
Takakura adalah teman lama ayahmu, persahabatan mereka terjalin sejak mereka masih muda. Suatu hari mereka berdua pergi mengembara dan secara tak sengaja mereka menemukan sebuah tempat yang indah, Forgotten Falley demikianlah orang menamakan tempat itu. Ayahmu memiliki cita – cita untuk membuat sebuah perkebunan di tempat itu, lalu bersama Takakura mereka berusaha untuk mewujudkannya. Tetapi ayahmu belum sempat mengelolanya terlalu lama, setelah berhasil membuka perkebunan itu ia meninggal dunia dan mewariskannya kepadamu.

Waktu berlalu, akhirnya kamu pergi mengunjungi perkebunan peninggalan ayahmu. Di sana kamu bertemu dengan Takakura, ia tampak senang dan menyambut kedatanganmu dengan ceria. Selanjutnya ia memintamu untuk mengurus perkebunan itu, maksudnya untuk melanjutkan apa yang telah dicita – citakan oleh ayahmu. Akhirnya kamu menyanggupinya dan Takakura segera mengajakmu berkeliling untuk melihat perkebunan peninggalan ayahmu. Tempat itu terlihat usang dan sedikit berantakan karena sudah terlalu lama ditinggalkan. Dengan bantuan Takakura dan sedikit modal awal warisan ayahmu, kamu berusaha membangun dan menghidupkan kembali perkebunan itu.

Kamu harus mengumpulkan uang dari hasil bercocok tanam dan memelihara ternak, kemudian kamu juga dapat memancing, mengambil tanaman liar ataupun melakukan penggalian di situs arkeologi untuk mendapatkan uang tambahan. Selain itu kamu harus bersosialisasi dengan semua penduduk desa dan di akhir tahun kamu harus berhasil menikahi seorang gadis untuk dijadikan istrimu.

Kondisi Awal
Dalam Harvest Moon: A Wonderful Life ini kamu akan bermain sebagai seorang petani yang berusaha memperbaiki kondisi suatu perkebunannya yang agak berantakan dan kacau balau, sungguh suatu kondisi yang suram dan sangan memperihatinkan. Sebelumnya perkebunan ini adalah milik ayahmu dan ia meninggalkan sedikit harta warisan yang dapat kamu pakai sebagai modal awal.

Berikut ini adalah harta warisan peninggalan ayahmu:
  • Sebuah rumah kecil dan perabotannya.
  • Sebuah kandang ternak besar dan seekor sapi.
  • Sebuah kandang ternak kecil kosong.
  • Dua lahan tanpa tumbuhan dan pepohonan.
  • Uang 3000 G.
  • Sebuah emrat (alat penyiram tanaman).
  • Sebuah sabit.
  • Sebuah alat pemerah susu.
  • Dua kantong benih.
  • Sebuah piringan hitam.

Tujuan Permainan
Pada awalnya kamu harus mencangkul tanah untuk bercocok tanam, manfaatkan 2 lahan kosong yang berada di dekat rumahmu. Ayahmu meninggalkan 2 kantong benih atau kamu dapat membelinya dari perkebunan lainnya. Setelah mencangkul tanah, menebar benih, memupuknya selanjutnya kamu harus menyiramnya setiap hari untuk menjaga kelembaban tanahnya, sampai pada akhirnya kamu dapat memperoleh hasil panennya. Demikian pula dengan seekor sapi peninggalan ayahmu, setiap hari kamu harus mengelusnya, menyikat bulunya, memberinya rumput dan memerah susunya.

Selain itu kamu juga harus berkeliling untuk mengumpulkan tanaman liar seperti bunga dan tanaman lainnya, sedangkan diwaktu luang kamu dapat mengumpulkan barang – barang langka di situs penggalian atau memancing ikan. Tanaman liar, barang langka dari situs penggalian dan hasil memancing merupakan sumber penghasilanmu juga, lebih tepatnya adalah penghasilan tambahan.

Seorang pedagang keliling akan datang ke desamu pada waktu tertentu, kamu dapat membeli beberapa macam barang darinya termasuk sebuah alat pancing. Selain itu kamu juga dapat menjual hasil panen, susu dan semua hasil kerja sampinganmu seperti tanaman liar, hasil penggalian dan ikan hasil dari memancing. Dengan demikian kamu akan mendapatkan uang untuk membeli kebutuhan lainnya.

Untuk ternak termasuk dengan segala keperluannya kamu dapat membelinya dari Takakura teman lama ayahmu. Kamu dapat membeli ternak seperti ayam, sapid an domba (kecuali bebek dan kambing). Rawatlah semua ternakmu dengan baik mereka merasa bahagia dan menghasilkan telur, susu, dan wool yang berkualitas. Selanjutnya juka telah memiliki banyak uang kamu dapat membeli beberapa peralatan lagi untuk mengembangkan usaham, contohnya seperti alah pengolah bibit tanaman dan alat untuk membuat mentega – keju.

Suatu hal yang menjadi keunikan game ini adalah keharusan untuk bersosialisasi, jadi dalam game ini kamu harus membina hubungan dengan orang lain. Kamu dapat bercakap – cakap dengan orang lain, mendapatkan respon yang realistis dan bisa melakukan aktifitas yang menyenangkan. Berikanlah sesuatu untuk mendapatkan respon yang lebih baik darinya, atau kamu dapat membantunya untuk menyelesaikan suatu masalh yang dihadapinya. Bersosialisasi dengan penduduk desa akan mengungkapkan sedikit informasi mengenai mereka, mengenai orang lain, dan mengenai hidup pada umumnya. Seperti dalam kehidupan nyata, setiap karakter akan bertambah tua, bayi akan tumbuh menjadi anak – anak dan kemudian menjadi dewasa. Setiap orang mengikuti waktu dan jadwal mereka sendiri, jadi jika kamu ingin menemukan seseorang ketika mereka beraktifitas, pelajadi pola kegiatan mereka. Tidak semua karakter dapat ditemukan di tahun pertama dan tidak semua dapat ditemukan di tahun selanjutnya. Jika kamu memberikan mereka hadiah yang pantas maka beberapa penduduk desa akan memberikan beberapa item (barang) yang berguna kemungkinan kamu tidak akan dapat memperolehnya dari pedagang manapun juga. Tetapi tidak semua memiliki sesuatu untuk diberikan. Sebaliknya, beberapa memiliki lebih dari 1 barang untuk diberikan jika kamu menjadi teman baik mereka.

Diakhir tahun pertama kamu harus menikah, jika kamu menolaknya maka permainan akan berakhir dan kamu tidak dapat melanjutkannya lagi (game over). Ada 4 orang gadis yang menjadi kandidat istrimu, pilihlah salah satunya dan berikan sesuatu untuk menyenangkan hatinya. Setelah menetahui isi hatinya kamu dapat melamarnya untuk dijadikan istri. Bila ia menerima lamaranmu maka di akhir tahun kamu akan menika dan mendapatkan seorang anak.

Ukuran Keberhasilan
Salah 1 hal terpenting dalam game ini adalah kamu memiliki kebebasan penuh untuk melakukan hal apapun yang kamu anggap perlu. Jika kamu tidak mau bekerja, kamu tidak akan mendapatkan uang atau hewan ternakmu akan sakit jika kamu tidak mau memberi mereka makan. Pada suatu kesempatan akan terjadi sesuatu dan dilain kesempatan tidak akan terjadi apa – apa. Tidak ada suatu akhir yang pasti, segala sesuatunya akan terjadi berdasarkan bagaimana kamu menjalani hidup.

Ini semua terserah padamu, dengan bantuan Takakura kamu harus bekerja keras untuk memulihkan kembali kondisi perkebunanmu termasuk mengumpulkan uang. Kamu harus berhasil dan sukses dalam bercocok tanam dan memelihara ternak, tetapi kamu juga harus membina hubungan yang baik dengan semua orang di desamu dan menemukan seorang gadis untuk dijadikan istri.

Pada layar sub menu Diary ditampilkan beberapa informasi yang berhubungan dengan tingkat keberhasilanmu dalam memainkan game ini. Informasi tersebut berkaitan dengan hal – hal berikut:
  • Jumlah kekayaan yang dimiliki berupa:
1.uang.
2.bangunan dan mesin
3.ternak dan hewan peliharaan.
4.item
5.resep
  • Kesehatan dan kebahagiaan hewan peliharaan dan ternak
  • Tingkat hubungan dengan orang disekitarmu:
1.Seberapa dekat hubunganmu dengan penduduk desa
2.Seberapa besar cinta istrimu
3.Seberapa besar kemajuan kecerdasan anakmu.

COMMENTS :

Don't Spam Here

0 komentar to “PENDAHULUAN”

Posting Komentar

 

Copyright © 2008-2010 All Rights Reserved. Powered by MAS WAWAN / WAWAN ADIE and Distributed by Template

Facebook Twitter Mykaskus